$hide=404

banner promo lokadesain

Cara Membuat Logo yang Berkualitas

Sekarang sudah banyak usaha-usaha baru yang bermunculan, mulai dari yang online sampai offline, mulai dari yang menjual produk barang sampai yang menawarkan jasa, ini menandakan bahwa kompetisi bisnis akan sangat ketat, sehingga upaya pemasaran sebuah usaha di era sekarang menjadi sangat penting. Saat awal membuka usaha, salah satu perangkat branding yang harus kita pikirkan matang-matang adalah desain logo, karena logo itulah yang akan mewakili usaha kita, membedakan usaha kita dengan usaha lainnya, dan yang mampu membuat customer mudah mengingat produk kita. Namun hari ini masih banyak yang membuat logo dengan cara asal-asalan, bahkan tidak sedikit sebuah usaha yang berdiri  tanpa memiliki sebuah logo, hal itulah yang membuat usaha malah nampak tidak profesional dan akan sulit diingat.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Lokadesain.com akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana membuat sebuah logo, dengan harapan kita bisa tahu hal-hal apa saja yang perlu kita pikirkan dalam menyusun konsep pembuatan logo yang berkualitas. Oke mari kita bahas.

cara membuat logo yang berkualitas

 Pertama, logo harus bermakna 

Perlu kita ingat bahwa logo adalah simbol usaha kita, sebagaimana sebuah simbol, maka logo harus memiliki makna-makna khusus yang ada dalam tiap unsurnya, mulai dari bentuk, warna dan jenis tulisannya, makna yang kita maksut disini adalah makna yang sesuai dengan usaha kita, mulai dari segi bidang usaha sampai dalam hal visi-misi, sehingga dengan kata lain logo yang berkualitas adalah logo yang mampu mencerminkan konsep umum usaha kita, dan ketika seseorang melihat dan mengamati logo tersebut, setidaknya mereka mampu menangkap garis besar makna yang terkandung didalamnya.

cara membuat logo yang berkualitas

 Kedua, logo harus sederhana tapi unik 

Hal yang sering dilupakan seseorang dalam membuat desain logo adalah sifat logo yang harusnya sederhana dan unik. Kenapa logo harus sederhana dan unik? Kita harus tahu bahwa logo dibuat agar mudah diingat, bahkan idealnya sampai mudah terekam kedalam alam bawah sadar, itulah yang membuat logo kita harus memiliki kekhasan atau keunikan tersendiri, biar orang yang melihat langsung bisa membedakan logo kita dengan logo lainnya, kedua agar logo kita mudah diingat, logo kita harus sederhana karena jika logo kita memiliki ornamen yang banyak maka dibutuhkan waktu yang banyak pula untuk mengingat logo tersebut. Jika logo kita susah diingat efeknya cukup berbahaya, karena hal itu juga berarti usaha kita akan sulit diingat oleh calon customer kita. 

cara membuat logo yang berkualitas

 Ketiga, logo harus bersifat dinamis 

Makna dari dinamis disini adalah logo harus bisa diaplikasikan diberbagai macam media, mulai dari banner, kartu nama, kaos, mug, pin, bulpoin dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan logo sebagai salah satu perangkat branding mestinya harus tampil konsisten disemua alat promosi yang kita gunakan, jika beberapa alat promosi itu ukurannya kecil maka logo harusnya memiliki sifat dinamis yaitu masih tetap jelas walau diperkecil ukurannya, jika logo kita hanya nampak jelas saat berukuran besar, maka kita akan mengalami masalah jika harus mengaplikasikan logo kita tersebut dimedia promosi yang cukup kecil, efeknya kita tidak bisa bebas menggunakan semua media pemasaran yang ada.

cara membuat logo yang berkualitas

 Keempat, tidak mecontoh logo orang lain 

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah masalah originalitas logo, jika logo kita memiliki kesamaan dengan logo orang lain maka usaha kita akan berpotensi terkena masalah hukum, jika pemilik logo yang kita kembari tersebut melaporkan usaha kita ke pihak berwajib, efeknya usaha kita bisa kena pidana, dan mungkin usaha kita tidak bisa berjalan lagi. Maka jangan sampai logo kita mencontoh logo orang lain jika kita tidak ingin terkena masalah hukum.

cara membuat logo yang berkualitas

 Kelima, logo harus tampil menarik 

Dalam dunia pemasaran, logo tidak hanya berfungsi sebagai simbol, namun logo juga berfungsi sebagai daya tarik, sehingga unsur seni atau keindahan juga harus diperhatikan dalam pembuatan logo, mulai dari pemilihan bentuk, perpaduan warna, pemilihan jenis tulisan dan lain sebagainya. Sehingga jika logo kita disandingkan dengan logo orang lain yang menjual produk yang sama, logo kita masih nampak lebih menarik dimata customer, saat logo kita tampak lebih menarik, maka saat itulah kita sudah memenangkan hati customer tersebut.

cara membuat logo yang berkualitas

 Keenam, idealnya logo kita dibuat dengan aplikasi vector 

Agar logo kita bisa diperbesar dan diperkecil sampai ukuran berapapun dengan kualitas yang tetap bagus (tidak pecah),  maka kita tidak boleh sembarangan dalam membuat logo, kita harus menggunakan aplikasi yang berbasis vector, disini kami tidak menyarankan anda menggunakan photoshop atau program-program berbasis pixel lainnya, karena jika membuat logo dengan aplikasi photoshop dan sejenisnya malah akan membuat logo anda tidak mudah untuk dirubah-rubah ukurannya. Memang butuh keahlian khusus untuk mengoprasionalkan aplikasi vector tersebut, untuk anda yang tidak membidangi dunia desain grafis, kami menyarankan anda menyerahkan pembuatan desain logo tersebut kepada jasa desain profesional yang menguasai aplikasi vector, agar hasilnya tidak asal-asalan.

cara membuat logo yang berkualitas

 Ketujuh, gunakanlah jasa desain grafis profesional 

Dalam sebuah usaha, logo memiliki posisi yang sangat penting, logolah yang mewakili usaha kita secara visual, logolah yang selalu menyertai nama usaha kita, dan logolah yang selalu ada disemua alat pemasaran kita. Untuk suatu yang sangat penting seperti logo, jangan sampai kita membuatnya dengan cara asal-asalan, kita bisa menyerahkan pembuatan logo kepada ahlinya, yang sudah biasa mengerjakan pembuatan logo, dan yang mengerti seluk beluk tentang logo. Jika kita berfikir tentang biaya pembuatan logo, kita bisa mengibaratkan biaya tersebut sebagai investasi untuk memperoleh manfaat pemasaran yang begitu besar dan berkelanjutan dimasa yang akan datang. Sehingga dengan menggunakan jasa desain grafis profesional ada jaminan lebih bagi kita untuk mendapatkan desain logo yang berkualitas.

Demikan beberapa tips penting dalam membuat sebuah desain logo, harapannya kita bisa sama-sama tahu poin-poin apa saja yang perlu kita pertimbangkan dalam membuat desain logo yang berkualitas. Sekian, terimakasih.

Artikel ini dibuat oleh team lokadesain.com.
Jika anda butuh dibuatkan logo yang berkualitas klik aja [Tombol Ini]
Nama

Artikel Loka Desain,4,Best Quality,21,Promo Cetak Murah,9,tidak dipublikasi,4,
ltr
item
Jasa Desain Grafis, Interior, Percetakan | Loka Desain: Cara Membuat Logo yang Berkualitas
Cara Membuat Logo yang Berkualitas
Artikel yang membahas tips-tips dalam membuat logo yang berkualitas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ4NcDXIW-bmi1BFEqm6rvOuP5Vx32wZT_e2VmQ2yipUaDAct6037pwhZxsaSZ5wfmNGpUwVLJDyDeuxDrqbAkEP3JmlfRnQNyCwnIErW_hJinZpu51gA12iAN1sSPqPlTOlFtLL5Ck2oq/s1600/how-make-a-logo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ4NcDXIW-bmi1BFEqm6rvOuP5Vx32wZT_e2VmQ2yipUaDAct6037pwhZxsaSZ5wfmNGpUwVLJDyDeuxDrqbAkEP3JmlfRnQNyCwnIErW_hJinZpu51gA12iAN1sSPqPlTOlFtLL5Ck2oq/s72-c/how-make-a-logo.jpg
Jasa Desain Grafis, Interior, Percetakan | Loka Desain
https://www.lokadesain.com/2016/11/cara-membuat-logo-yang-berkualitas.html
https://www.lokadesain.com/
https://www.lokadesain.com/
https://www.lokadesain.com/2016/11/cara-membuat-logo-yang-berkualitas.html
true
4566970980441392920
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI (Lainnya Klik Icon samping kanan) LAYANAN ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Halaman Tidak Ditemukan Klik Untuk Menuju Beranda Utama Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content